6 Tips Mencegah Karang Gigi

No comment 1268 views

6 Tips Mencegah Karang Gigi

6 tips mencegah karang gigiPenggunaan sikat gigi dan dental floss penting untuk mencegah pembentukan karang gigi. Karang gigi (kalkulus gigi) adalah deposit yang terbentuk dari plak pada gigi. Umumnya menyerupai kerak yang keras, menempel dan menyelimuti area gigi. Karang gigi warnanya kuning hingga cokelat. Menghitam jika dipengaruhi rokok dan kopi.

Meskipun anda sangat menjaga kebersihan gigi dan mulut, tetap saja ada bakteri di mulut. Bakteri akan bercampur dengan protein dan sisa makanan, membentuk lapisan yang menempel di gigi, yang disebut plak gigi (plaque). Plak gigi adalah awal mula dari gigi dan gusi, yang mengarah pada kerusakan gigi, gigi berlubang, gusi bengkak dan bernanah, dan bau mulut.

Adanya karang gigi yang menempel akan mempersulit anda membersihkan gigi. Sikat gigi dan floss tidak cukup untuk membersihkan karang gigi yang menempel di gigi. Jika karang gigi terbentuk di gusi, maka bakterinya dapat menginfeksi gusi, membuatnya iritasi dan bengkak, yang mengarah pada gangguan gusi. Karang gigi menempel sangat kuat pada gigi, sehingga proses pengangkatan karang gigi harus dilakukan oleh dokter / ahli gigi profesional. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengontrol dan mencegah pembentukan karang gigi.

Sebaiknya gunakan sikat gigi dua kali dalam sehari. Gunakan sikat gigi dengan sikat lembut dan cukup kecil untuk menjangkau sela gigi dan mencapai bagian terdalam gigi. Lakukan sikat gigi selama 2 menit setiap kali, untuk menghilangkan plak dan mencegah karang gigi. Kandungan fluoride pasta gigi mencegah plak gigi mengeras dan menjadi karang gigi. fluoride penting untuk memperbaiki kerusakan enamel gigi.

Istilah penggunaan dental floss adalah benang gigi yang digunakan untuk membersihkan sela gigi. Dental floss adalah cara untuk membersihkan plak di sela gigi dan mencegah pembentukan karang gigi. Orang yang merokok atau menggunakan tembakau mengalami masalah karang gigi. Bakteri di mulut akan ‘subur’ jika mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Saat bakteri bertemu dengan makanan ini, akan menghasilkan zat asam berbahaya yang dapat merusak enamel gigi, membentuk plak, dan meningkatkan resiko terbentuknya karang gigi. Batasi konsumsi makanan, termasuk cemilan, yang terlalu manis. pilihlah makanan yang lebih sehat seperti sayuran dan buah segar. Imbangi dengan minum air putih setelahnya.

Baca Juga  Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan

Segera periksakan gigi anda ke dokter gigi secara berkala setiap 6 bulan sekali. Membersihkan karang gigi yang menempel aman dilakukan oleh dokter / ahli kesehatan gigi profesional dengan peralatan yang khusus untuk menghancurkan dan mengangkat karang gigi. dokter gigi akan memeriksa kesehatan gigi, gusi dan mulut secara keseluruhan, memberikan saran, hingga perawatan / pengobatan jika diperlukan

author

Leave a reply "6 Tips Mencegah Karang Gigi"